Gembok Cinta

 

Tau kan apa itu gembok? Gembok adalah induk pintu. Nama lain gembok adalah slot. Gembok akan menjadi lengkap jika ada anak kuncinya. Anak kunci ini berfungsi untuk membuka gembok

Jika mendengar kata gembok, bayangan kita adalah pintu pagar yang dikunci ada gembok yang tergantung, atau koper di bandara yang dikunci biar gak dinyolong orang atau  teringat akan pintu yang terkunci dan lain sebagainya

Gembok ini sangat berguna untuk siapa saja yang memakainya. Ia menjamin keamaan sebuah barang, atau halaman orang atau bahkan rumah. Dengan gembok pencuri tidka bisa masuk dalam rumah atua orang yang hendak masuk pun tertunda. Gembok membuat segara pintu bisa terbuka entah itu pintu rumah, pintu kebun, pintu koper, pintu gerbang atau pintu hati?

Lho kok bisa pintu hati ada gemboknya? Hehehe. Pernah suatu ketika dalam perjalanan ke Paris, saya mengunjungi sungai Seine. Sungai Seine memiliki Panjang 776 kilometer membelah kota Paris menjadi dua bagian di sisi kiri dan kanan. Seine mengalir mengalir melalui Paris dan masuk ke selat Inggris di Le Havre. Ada 37 jembatan di Paris dan puluhan lainnya mencakup sungai di luar  Paris.

Di sungai ini saya melihat banyak jembatan yang anehnya di sisi kiri dan kanan sungai berjejer banyak sekali gembok. Banyak sekali dan ini bukan hanya di satu jembatan tapi di banyak jembatan. Keren kan? Keren dan bagus. Saya sampai terpesona melihatnya. Bentuk gembok pun beraneka ragam demikian juga besar dan kecilnya. Rapi tersusun dan anehnya ada nama di tiap gembok itu. Saya membaca ada nama James dan Cloy, ada lagi John dan Thire, ada lagi David dan Julia dan ah masih banyak lagi

Saya bahkan tidak menemukan nama-nama orang Asia di situ. Apakah memang tidak ada orang Asia yang main ke situ? Atau tidak sempat terbaca karena saya sinuk melihat kiri kanan jembatan . Heheheh.

Ternyata ini lah yag disebut gembok cinta. Tempat wisata romantis yang terkenal seantero dunia. Mengapa disebut wisata romantis? Ah wisata romantis ini hanya sebutan saya saja karena menurut cerita guide kami dan juga dari berbagai literasi yang saya baca, orang yang datang ke jembatan gembok cinta ini adalah pasangan suami istri atau orang-orang yang sedang dimabuk cinta atau lagi berpacaran.

Saat itu saya bersama beberapa teman berada di pinggir salah satu jembatan di sungai Seine. Kami hendak naik kapal feri untuk menyusuri danau yang terkenal ini. Saat menunggu kapal dan antri  tiket inilah saya memilih berlama-lama mengamati ribuan gembok cinta yang dipasang di jembatan itu. Bahkan saking banyaknya gembok sampai  membuat jembatan doyong dan hampir roboh.

Ketika berada diatas jembatan itu saya berkesempatan melihat-lihat, membaca nama yang tertera serta melihat bentuk gembok. Ternyata ada gembok yang berbentuk love, baru tau saya. Ada lagi gembok yang bentuknya seperti pada umumnya tapi warnanya aneka ragam. Ada warna pink, kuning, merah dan lainnya.

Membayangkan ratusan bahkan ribuan pasangan orang yang sedang memadu kasih berdiri di atas jembatan itu sambil mengucapkan janji setia, entah seperti apa janji setia mereka. Mungkinkah mereka berjanji untuk saling setia dan mengasihi sampai selama-lamanya? Atau mungkin mereka juga berbicara ngobrol tentang rasa yang ada dalam hati atau bahkan berbisik-bisik tentang kasih Tuhan yang tak pernah berkesudahan sehingga memampukan mereka untuk juga bercinta? God only know!

Setelah mengucapkan janji setia dan sebagainya, gembok itu dipasang di tiang jembatan, dikunci lalu byurrrrrr. Anak kunci dibuang ke dasar sungai. Ah saya sempat membayangkan pasti di dasar sungai ini banyak sekali anak kunci. Sayang ya, anak kunci menjadi  sampah sungai Seine, anak kunci membuat sungai menjadi dangkal, heheheh.

Ketika sedang asyik mengamati dan berfoto di samping gembok cinta, saya mendengar nama saya dipanggil-panggil dari bawah. Beberapa teman meneriaki saya mengatakan bahwa kapal sudah bersandar dan tiba saatnya mau berangkat wisata air keliling kota Paris. Saya sempat tertegun dan melihat ada gembok yang tertulis namaku Herline, ingin saya foto tapi tidak keburu. Saya juga tidak sempat melihat nama pasangan Herline di gembok, hehhhe

Dengan berlari kencang menuruni anak tangga, saya berpikir keras menebak-nebak nama di samping nama Herline di gembok. Begitu sampai pinggir kapal saya masih nampak terengah-engah lalu seorang senior bertanya, gimana, apakah kamu sudah membuang anak kunci di dasar sungai? Dengan lugu saya menjawab, “ belum sempat karena saya masih sibuk menebak-nebak nama pasangan saya di gembok. Lalu sejurus kemudian saya bercerita tentang nama Herline diatas. Teman-teman saya langsung kepo, “ siapa nama pasangan Herline di gembok?” Teman yang lain langsung menyebut beberapa nama asal saja sesuai mau mereka. Ah sekarepmulah…

Dalam hati saya amat senang melihat deretan gembok cinta di kota yang paling romantis sedunia. Rasa penasaran saya terjawab karena begitu banyak literasi yang saya baca tentang ini. Intinya adalah gembok yang sudah terkunci di atas jembatan sungai Seine adalah lambang cinta sjati, lambang cinta yang tak akan terputuskan oleh tantangan seberat apapun karena kunci cinta sudah dibuang jauh di dasar sungai. Tak seorangpun mampu menemukannya kembali. 

Begitulah kerja cinta sejati, ia tak akan lekang dimakan zaman, ia tetap teguh berdiam di dasar  hati yang paling dalam sampai tak seorangpun mampu menemukannya dan membukanya kembali. Cinta model ini hanya dimiliki oleh Tuhan atau siapa saja yang menghayati cinta sejati dan seutuhnya pada sesamanya.

Beberapa waktu setelah kembali dari Paris saya mendengar kalau pemerintah setempat telah menghilangkan gembok-gembok cinta itu untuk alasan keselamatan. Ribuan gembok akan memberatkan tiang jembatan dan akan membuat tiang jembatan roboh. Kebayang berapa jumalh gembok yang terpasang di situ, bukan  hanya satu jembatam loh tapi banyak jembatan. Suatu saat nanti aku kan kembali menghitung jumlah gembok cinta yang ada di situ.








 




 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tours' dan Marie Incarnasi

Gadis KEcil Dari Desa

Mereka Datang Dari Sittard